27 Persen Instalasi PDAM Mengalami Kebocoran

Jumat, 05 April 2013 | 22.55


Laporan Reporter Yanto Gromang

Direktur Perusahan Daerah Air Minum, atau PDAM Kota Kupang, Noldi Mumu mengatakan, Non Revenue Water, atau kebocoron air dari instalasi perpipaan yang berada di Kota Kupang saat ini volumenya cukup besar.

Menurut Noldi, dari total produksi yang dikeluarkan  PDAM setiap harinya, sebanyak 27 persen lebih telah terbuang percuma akibat kebocoran pipa .

Noldi menjelaskan, ditahun 2012 lalu, persentase angka kebocoron dari total produksi sebesar 30 persen lebih, dan hampir seluruh kebocoran tersebut terjadi pada sistem teknis dilapangan.

Namun berkat kerja keras dari petugas PDAM Kota Kupang, angka kebocoron tersebut, saat ini telah berhasil ditekan turun menjadi 27 persen.

Noldi mengharapkan, dengan keberhasilan penanganan kebocoran yang ada, angka kerugian PDAM yang awalnya sebesar 50 juta Rupiah perbulan, dapat mengalami penurunan.

Oleh  sebab itu, untuk penanganan kebocoran yang masih tersisa, pihak PDAM Kota Kupang akan merevitalisasi sistem instalasi, dari tingkat sumber mata air hingga ke jaringan perpipaan di tingkat konsumen.

0 komentar:

ANTO PUNG

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
 
Support : Copyright © 2011. RSK Kupang - Online News - All Rights Reserved
Template by RSK Kupang | Publisher :Yantho Gromang
Proudly powered by Blogger